Kamis, 02 Agustus 2007

[G] Dari Hal Yang Paling Dekat

Dari mana saya harus memulai memotret, sebuah pertanyaan muncul dari benak saya saat itu. Seseorang menjawabnya “Mulailah dari hal yang paling dekat”. Tapi hasilnya sama saja, pernyataan ini justru memunculkan pertanyaan baru lagi “Apa menariknya hal-hal disekitar saya, semuanya biasa aja”. Sejak saat itu tak pernah sekalipun saya memotret hal-hal yang paling dekat dengan diri saya kecuali sebatas foto dokumentasi saja. Kira2 4-5 tahun masa itu telah berlalu dan tetap saja belum pernah sekalipun saya berniat untuk memotret hal-hal yang ada di sekitar saya, hingga pada suatu malam tiba-tiba saja saya ingin mencoba asal motret karena kebetulan ada kamera digital (lumayan lah…, kalo jelek gak rugi beli film). Hal yang paling dekat dari saya malam itu adalah kamar saya sendiri. Maka saya ambil kamera yang ada ditas dan mata saya mulai melirak-lirik kesana kemari untuk memilih mana dulu yang saya foto. Kini kamera yang saya pegang sudah berada ditangan saya hampir 20 menit lebih, tapi tetap saja saya belum tau mana yang bagus untuk di foto. Hingga akhirnya bermula dari pikiran “udah lah.. cuman iseng aja kok susah, toh juga pake digital”, sebuah poster yang nempel di salah satu dinding kamar saya foto. Keduanya tumpukan yang serabutan diatas lemari juga saya foto, kemudian buku, rak, komputer dan seterusnya, dan seterusnya, dan kembali lagi saya bingung. Hasilnya juga biasa aja gak ada yang ngejutin. Saya kemudian jadi malah punya kesimpulan bahwa selama ini yang membuat foto-foto saya menarik karena objeknya yang menarik bukan karena saya yang membuatnya menjadi menarik. Halah jadi repot nih urusannya…


Ini adalah hasil dari beberapa jepretan yang saya beri judul “SAYA”. Semoga mengundang banyak kontraversi...







7 komentar:

an kusnanto mengatakan...

jare sopo gak menarik...
dari sini kan kita bisa liat gimana sebenarnya seorang bim-bim
tuh liat...
ni anak sebenernya kreatip. trbukti dg adanya tumpukan2 cd yg biasae utk burning hal2 kreatip.
tp kok kemproh yo, berantakan banget khas kamar lelaki.

nirmana photography mengatakan...

hee2... kalo masalah kebersihan lagi bukan temanya...
ntar kapan2 saya munculin juga tema kamar yang bersih...

Vania mengatakan...

dari sini aku tau gimana isinya kamarmu yan...kan ngga smua orang bisa masuk situ ya!

ika mengatakan...

lah...apik fotone daripada kamar aslinya.
aslinya?lebih berantakan...

p.s. ini berdasarkan pengalaman hehe..

nirmana photography mengatakan...

tapi di kapak2no sek apik seng duwe kamar'e... la wong hensem (lawas !!!)

Photographool mengatakan...

aku gak pernah ke kamar bim2, tapi percaya deh kalo aslinya lebih berantakan. kan fotografer paling pinter kalo disuruh nampilin angle2 yang cantik aja :) foto wide anglenya mana, bim? hehe

NAKULA mengatakan...

kalo aku bilang ini foto snapshot aja, tanpa pretensi......


v(~o~)v