Selasa, 27 November 2007

Unan Unan

Tidak ada pertanda alam yang sia-sia. Keresahan manusia akan keadaan alam yang semakin lama enggan untuk berkompromi dengan penghuninya adalah sebuah pertanda akan adanya sesuatu yang salah telah terjadi. Introspeksi diri dan hantaran doa agar semua selamat menjadi jawaban.

Upacara Unan-Unan adalah upacara yang diselenggarakan sekali dalam sewindu oleh masyarakat Tengger. Sewindu menurut kalender Tengger bukan 8 tahun melainkan 5 tahun. Upacara ini dimaksudkan untuk membersihkan desa dari gangguan mahluk halus dan menyucikan para arwah yang belum sempurna agar dapat kembali kealam asal yang sempurna, yaitu Nirwana.

Kata Unan-unan berasal dari kata tuna 'rugi', maksudnya upacara ini dapat melengkapi kekurangan-kekurangan yang diperbuat selama satu windu. Dalam upacara ini orang Tengger menyembelih kerbau sebagai bentuk kurban dan persembahan yang dihantarkan ke sanggar di ujung desa Ngadas.







1 komentar:

Rey mengatakan...

Mas Bim, diantara sekian banyak orang yg dateng ke acara unan-unan (kamu, anton, mas muk, boby), kok cuman dirimu tho yg posting soal unan2, yg laennya mannaaa neeehhh??

Btw, msh ingat dgnku tho?? (dgn pede-nya), itu lho... yg disangka laki2... :D Kalo gak inget, lupakan saja aku (lho??) :D